inilah AKU

"sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya bentuk"At-Tin( 95 ):4. inilah aku yang diciptakan sebagai AKU...


Blaise Pascal adalah penemu hukum Pascal, bapak teori probabilitas modern, penemu alat suntik, kempa hidrolik dan kalkulator digital yang pertama. Pada umur 16 tahun ia menulis buku kecil tentang kerucut, dan pada umur 18 tahun Pascal menciptakan kalkulator digital pertama di dunia. Beliau bermaksud menjual mesin hitungnya, tetapi tidak laku karena mahal. Semakin bertambah umur Pascal semakin mencemaskan karena terlalu giat bekerja dan belajar. Beliau mendapat nasihat dokter agar hidup santtai dan bersenang-senang. Untuk meringankan rasa sakitnya, beliau mengadakan eksperimen secara terus-menerus, termasuk mengulangi percobaan Torricelli dan akhirnya menemukan hukum tekanan dalam zat cair.
Blaise Pascal, seorang ilmuwan Prancis yang menyatakan bahwa ketika perubahan tekanan diberikan pada suatu fluida pada ruang tertutup, maka perubahan tersebut akan diteruskan sama besar kesegala arah (sebagaimana gb.disamping).
Jadi bunyi hukum Pascal dapat dinyatakan sebagai berikut :

“Tekanan yang diadakan dari luar kepada zat cair yang ada dalam ruangan tertutup akan diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah dengan sama rata”
Untuk mendapatkan hukum Pascal ini dengan lebih baik, marilah kita tinjau hukum Pascal ini secara kuantitatif.

Alat ini berupa bejana tertutup yang dilengkapi dengan dua buah torak (pengisap) yang luas penampangnya berbeda, yaitu A1 < A2 dan di dalam bejana terdapat benda cair. Diumpamakan pada torak yang luasnya A1 bekerja gaya sebesar F1 yang arahnya ke bawah yang besarnya sama dengan P1. Tekanan P1 ini diteruskan sama rata ke segala arah. Termasuk di torak yang luasnya A2, kita dapat menghitung gaya yang dialami oleh torak disebelah kanan dengan mengalikan tekanan P dengan luas penampang torak A2. Jika gaya itu kita sebut F2, maka didapat persamaan sebagai berikut :

rumus hukum pascal
 F1/A1=F2/A2
 Keterangan :
                        F1 = besar gaya penghisap 1 (N)
                       F2 = besar gaya penghisap 2 (N)
                       A1 = Luas penampang penghisap 1 (m2)
                       A2 = Luas penampang penghisap 2 (m2)

Apikasi Hukum Pascal
 Hukum Pascal banyak dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan manusia. Contoh alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal :
     * Dongkrak hidrolik
    * Pompa hidrolik
    * Mesin hidrolik pengangkat mobil
    * Alat pengepres hidrolik
Untuk lebih memahami bagaimana  prinsip hukum pascal, dapat kita lihat dari animasi berikut ini:


0 comments:

Post a Comment

Welcomer Stranger...

Sugeng rawuh..
Selamat datang..
di warung cak ww yang menyediakan tulisan tulisan hasil racikan resep resep kondang dari seluruh penjuru negeri (tapi nyicil dari rumah), silahkan dilihat, diraba, ditrawang. asal jangan kebablasan takutnya ketagihan.

Labels